17 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru & Terhits Dikunjungi

17 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Tempat Wisata Favorit di Kebumen, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits Dikunjungi Wisatawan.

Jawa Tengah memiliki banyak potensi wisata yang mampu digali. Tidak hanya untuk sebuah keindahan alamnya saja tetapi juga banyak keunikan lainnya yang tersimpan dan patut untuk dieksplor. Seperti yang ada di Kebumen, salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini menunjukkan banyak pesona bagi siapa saja yang tiba berkunjung untuk menikmati kondisi alam yang tersaji.

Baik wisata alam ataupun buatan, Kebumen juga menjadi daerah sempurna untuk mereka yang ingin berlibur. Mulai dari pantai, spot indah untuk hunting hingga kawasan wisata lainnya. Agar mendapatkan yang terbaik, berikut disajikan daftar Tempat Wisata di Kebumen yang wajib Anda kunjungi.

Namanya adalah Pantai Logending. Pantai ini juga disebut pantai ayah yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit keluarga di wilayah Kebumen. Di pantai ini pengunjung mampu menikmati kondisi alam yang masih asri dan berkeliling memakai bahtera wisata. Setidaknya ada 40 perahu wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat melalui paguyuban dan juga dua kapasitas bahtera. Pertama berkapasitas 40 orang dan kedua 60 orang. Pantai Logending ini berjarak sekitar 53 km dari sentra kota Kebumen.

Sementara rute layanan bahtera wisata dari Pantai Logending ke daerah yang ada di dekat jembatan bodo ini membatasi Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Cilacap jauhnya sekitar 13 km atau dengan waktu tempuh 20 menit.


2. Pantai Menganti

Lokasi: Desa Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Penginapandieng.net

Masih seputar wisata pantai yang merupakan tempat wisata di Kebumen dengan keindahan alamnya yang menjadi andalan. Pantai ini memiliki dongeng yang berkembang dari dulu sampai kini. Dulunya ada seorang panglima perang yang berasal dari Kerajaan Majapahit dan menjalin cerita dengan seorang perempuan tetapi tidak pernah direstui.

Di pantai ini lah mereka berjanji bertemu tetapi sepanjang hari sang panglima menunggu dan kekasih hatinya tidak muncul. Lokasi Pantai Menganti ini berada di Desa Karangduwur.


3. Curug Silancur

Lokasi: Pujegan, Wadasmalang, Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Youtube.com (Visit Kebumen)

Curug atau teladas Silancur ini menjadi andalan wisata Kebumen yang juga menarik wisatawan asing. Meski belum terlalu ramai wisatawan tetapi soal keindahan tak perlu dipertanyakan lagi. Objek wisata Kebumen yang satu ini juga tak pernah sepi karena untuk mencapainya memang membutuhkan usaha ekstra.

Bagi para pecinta alam, hal ini menjadi tantangan tersendiri alasannya adalah lokasinya cukup memacu adrenalin. Lokasi dari Curug Silancur ini berada di Dusun Pujegan Desa Wadasmalang, Karangsambung. Curug tersebut mempunyai tinggi 20 meter lebih dan jatuh pada batuan purba di bagian bawahnya.


4. Goa Jatijajar

Lokasi: Jl. Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Kompasiana.com

Goa Jatijajar ini menjadi Objek Wisata di Kebumen yang juga wajib untuk dikunjungi. Tak lain adalah karena memang goa ini menyimpan keindahan yang tak biasa. Memiliki tinggi sekitar 12 meter dan kedalaman atau panjang sekitar 250 meter.

Untuk bisa masuk ke dalam goa kapur ini diharuskan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 saja. Goa Jatijajar berada di Kecamatan Ayah. Banyak wisatawan yang datang terutama mereka yang ingin mendapatkan objek foto indah.


5. Air Terjun Superman’s Big Sister

Lokasi: Desa Jatijajar, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Kaskus.co.id

Air terjun yang satu ini menjadi destinasi wisata yang ada di dalam sebuah goa. Bisa membayangkan air terjun di dalam goa? Disinilah ada gerojokan yang eksotis dan mensugesti mata siapa saja yang melihat. Bahkan wisatawan yang tiba juga mampu menjelajahi goa dengan pemandu plus adanya peralatan caving yang lengkap.

Wisatawan harus mengeluarkan biaya Rp. 180.000 per rombongan. Air Terjun Superman’s Big Sister ini berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. Letaknya tidak jauh dari goa Jatijajar sehingga mampu menjadi wisata lanjutan.


6. Puncak Gunung Duwur

Lokasi: Desa Watukelir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Gembel-adventure.blogspot.com

Wisata berikutnya untuk mereka yang suka mendaki. Gunung ini memiliki tingi hanya 500 mdpl. Dari sini nanti pengunjung bisa melihat luasnya samudera Hindia yang terhampar di bab selatan. Pemandangan yang begitu istimewa dan dihiasi dengan adanya pembatas berupa garis pantai dan cakrawala.

Sementara untuk mencapai puncaknya, setidaknya pengunjung harus trekking selama 1 jam melalui medan tanah yang berbatu. Sebab belum ada jalur pendakian resmi dan diharapkan untuk berhati-hati. Puncak Gunung Duwur ini berada di Desa Watukelir, Kecamatan Ayah. Mereka yang pemula sebaiknya meninggalkan jejak atau tanda semoga mampu menemukan jalan untuk kembali atau turun.


7. Arung Jeram Padegolan

Lokasi: Desa Sedang Dalem, Kec. Prembun, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Gucioutbound.com

Mereka yang suka dengan acara arung riam niscaya menyukai destinasi wisata yang satu ini. Arung Jeram Padegolan ini merupakan aktivitas yang menantang dan juga mengundang bahaya. Sehingga wisata ini cocok bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman berbeda dan pemberani. Sungai Padegolan menjadi favorit para wisatawan alasannya adalah rutenya yang beervariasi. Ada yang benar-benar menantang ada juga yang landai biasa.

Jika ingin mencobanya bisa tiba dengan rombongan untuk menikmati suasana yang sejuk. Arung Jeram Padegolan ini berada di Desa Sedang Dalem yang menjadi titik mulanya. Jarak yang ditemupuh hanya sekitar 7 km saja dan mencapai waduknya juga bisa degan perjalanan 2 jam dari Wonosobo atau Magelang.


8. Benteng Van Der Wijck

Lokasi: Jl. Sapta Marga No. 100, Gombong, Sidayutengah, Kec. Gombong, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Memecomic.id

Tempat wisata seperti Benteng Van Der Wijck ini mampu dibilang sebagai tempat wisata sejarah. Sebab, ada sebuah bangunan bersejarah yang merupakan peninggalan Belanda dan masih bangkit kokoh hingga sekarang. Bangunan ini berwarna merah merona yang awalnya memang dibangun untuk barak militer dan ditujukan biar bisa meredam perlawanan pasukan Diponegoro.

Namun ketika ini kompleks benteng dijadikan sebagai sekolah calon tamtama dan barak militer TNI AD. Benteng Van Der Wijck berada di Kecamatan Gombong yang jaraknya sekitar 35 km dari sentra Kota Kebumen. Ada bab lain dari benteng ini yang dimanfaatkan untuk objek wisaata lengkap dengan taman bermain dan juga kereta mini.


9. Cagar Alam Geologi Karangsambung

Lokasi: Jl. Karangsambung, Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Historyandlegacy-kebumen.blogspot.com

Selain berwisata, pengunjung juga mampu menerima banyak infromasi baru bila datang ke Cagar Alam Geologi Karangsambung. Cagar alam karangsambung ini merupakan titik dengan jenis batuan terlengkap yang ada di muka bumi. Tak heran kalau sering dijadikan sebagai daerah untuk meneliti sejarah perkembangan bumi.

Banyak pengunjung yang takjub dengan adanya fenomena geologi yang terjadi mirip adanya patahan, crack, siklin, antiklin sampai formasi batuan lainnya. Cagar Alam Geologi Karangsambung ini berada di Kecamatan Karangsambung, Kebumen. Pengunjung yang datang mampu tahu bagaimana permukaan bahari bisa terangkat, bagaimana perpaduan batuan beku dan sedimen begitu menakjubkan.


10. Pantai Petanahan

Lokasi: Desa Karanggadung, Petanahan, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Ksmtour.com

Tempat wisata mirip Pantai Petanahan ini memang asyik dan seru. Pantai ini juga memiliki cerita yang konon dahulu ada seorang wanita berjulukan Dei Sulastri. Perempuan ini merupakan seorang istri dari seorang abdi yang ada di Pucung Kembar dan bernama Raden Sujono. Ketika sang istri diculik, Raden sedang bertugas dan penculikan dilakukan oleh Joko Puring. Ia pulang membawa istri Raden ke Pantai Karanggadung dan memaksa untuk menjadikannya istrinya.

Pantai Petanahan berada di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan. Untuk liburan di pantai ini pengunjung atau wisatawan dikenakan biaya Rp. 3000 untuk pengunjung sampaumur dan pengunjung bawah umur hanya Rp. 2000 saja.


11. Pemandian Air Panas Krakal

Lokasi: Krakal, Alian, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Sportourism.id

Objek wisata berikutnya yakni pemandian air panas Krakal. Ada area bermain anak-anak dan juga taman yang berada di sekelilingnya. Juga, di tempat ini ada kamar VIP yang mana masing-masing kamar tersebut dipisahkan oleh beton dan jumlah kamar ada 6 buah. Ada kursi panjang yang disediakan untuk menunggu di bagian depan kamar.

Pemandian ini melayani para pengunjung dari jam 7 pagi hingga 5 sore. Pemandian air panas krakal berada di Krakal, Alian, Kecamatan Kebumen. Tempat wisata ini cocok untuk mereka yang ingin melaukan relaksasi biar hilang rasa jenuh dan penat setelah lama beraktivitas.


12. Pantai Suwuk Kebumen

Lokasi: Suwuk, Tambakmulyo, Kec. Puring, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Lintaskebumen.wordpress.com

Namanya ialah Pantai Suwuk Kebumen. Pantai ini memang populer dan selalu ramai oleh wisatawan terutama saat liburan dan final pekan. Sempat mendapatkan perhatian besar dari pemerintah kawasan sebab memang wisatawan nyaman untuk berkunjung ke pantai ini.

Tidak hanya ada fasilitas yang lengkap tetapi juga ada wahana permainan seperti waterboom yang dilengkapi juga dengan pesawat Garuda Boeing 737 yang menjadi daya tarik tersendiri. Letak Pantai Suwuk Kebumen ini berada di Desa Suwuk, Kecamatan Puring Kebumen. Disini nanti pengunjung mampu mencicipi keasrian dari kondisi alam yang ada di sekitarnya.


13. Pantai Lampon

Lokasi: Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Mantai.id

Pantai Lampon ini menjadi daerah wisata andalan juga untuk pengunjung di tempat sekitar. Pantai yang masih sepi dan salah satu sebab alasannya adalah pantainya tidak terlalu luas. Meski begitu, pantai ini mempunyai pemandangan yang indah dan pesona alam yang luar biasa.

Ada pasir yang berwarna kecoklatan dan menjadi pantai yang wajib untuk dikunjungi. Pantai Lampon Kebumen ini berada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai Lampon mempunyai pemandangan indah dan ketenangan dari hiruk pikuk kota.


14. Bukit Langit Kebumen

Lokasi: Jl. Karanganyar, Giripurno, Kec. Pejagoan, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Wikipedia.org

Namanya ialah Bukit Langit. Destinasi Wisata di Kebumen ini merupakan yang cukup baru dan sempat benar-benar hits di media umum. Tak lain sebab kondisi daerah wisata yang indah dimana para pengunjung bisa melihat pemandangan alam begitu konkret. Ada bayak foto fenomenal yang mampu diambi dari bukit eksotis ini.

Sama dengan bukit pranji, disini nanti pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbit dan tenggelam yang mana mampu juga dilakukan acara camping di bukit langit. Bukit Langit sebagai tempat wisata yang ada di Kebumen ini berlokasi di Desa Giripurno Kecamatan Karanggayam. Agar bisa menerima pemandangan terbaik, sebaiknya tiba pada pagi buta atau jelang sore untuk mendapat momen tepat matahari terbenam.


15. Wisata Alam Jembangan

Lokasi: Sukadana, Jembangan, Poncowarno, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Hmkunsoed.wordpress.com

Untuk menikmati wisata alam Jembangan, pengunjung mampu membayar tiket hanya Rp. 3000 saja. Apa yang ada di kawasan wisata ini? Wisata alam Jembangan merupakan wisata terpadu yang memiliki 3 site utama dan mampu dinikmati oleh pengunjung. Pertama adalah telaga hijau yang bersisian dengan hutan dan masih begitu alami. Ada waduk pejengkolan dan jembatan gantung. Pengunjung bisa berkeliling dengan perahu air semoga mampu menikmati keindahan telaga Jembangan dan memanjakan para wisatawan untuk menggunakan fasilitas mirip jembagnan Fasty Zoo dan lainnya.

Wisata Alam Jembangan ini berada di sebelah timur laut kota Kebumen yang berjarak kurang lebih 20 km dari kota Kebumen. Ada berbagai satwa juga yang mampu menjadi wisata edukasi untuk belum dewasa.


16. Bukit Pentulu Indah

Lokasi: Jl. Karangsambung, Kaligending, Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Bambangirwantoripto.com

Namanya yaitu Bukit Pentulu Indah yang tak kalah seru untuk dikunjungi. Bukit ini menawarkan landscape panorama yang menakjubkan mirip yang ada di gardu pandang Kalibiru Jogja. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat keindahan alam menakjubkan yang juga menjadi favorit dari para muda mudi disini.

Bukit Pentulu Indah berada di Desa Hepii, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen. Pengunjung juga bisa camping karena luasnya dataran di Bukit Pentulu.


17. Taman Reptil Kebumen

Lokasi: Jl. Kaleng No. 11 Desa Adiluhur, Dukuh Alasmalang, Gebang, Adiluhur, Adimulyo, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Uk-videos.gosip

Ingin berlibur sedikit berbeda? Yuk mengenal aneka reptil di kawasan wisata ini. Memang belum terlalu populer tetapi bagi siapa saja yang datang niscaya tertarik untuk melihatnya sebab ada banyak reptil yang dipelihara mirip ular, kura-kura, biawak dan jenis hewan lainnya.

Berawal dari hobby Ambar Sutoyo, pemilik binatang lain ini karenanya membuka TARA atau Taman Reptil Adiluhur. Taman Reptil ini berada di Jalan Kaleng 11 Adiluhur Adimulyo Kebumen. Pengunjung mampu melihat penangkaran reptil ini sekaligus membantu mempromosikan kawasan wisata ini biar lebih dikenal luas.

Karena berlibur merupakan suatu kebutuhan yang juga penting, rencanakan liburan bersama keluarga di beberapa rekomendasi ini. Tempat yang tak jauh dari rumah terutama yang ada di sekitar Kebumen. Menawarkan keindahan alam serta ciri khas dari masing-masing tempat wisata yang tergolong langka.

Lebih baru Lebih lama