Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taman Wisata Matahari, Destinasi Keluarga Favorit di Bogor

Taman Wisata Matahari, Destinasi Keluarga Favorit di Bogor

Lokasi: Jl. Raya Puncak KM. 77 Cilember Bogor Cilember, Puncak, Kec. Cisarua, Kota Bogor.
MapCek Lokasi

Liburan tiba namun masih gundah mencari daerah terbaik untuk rekreasi bersama keluarga tercinta? Nampaknya Taman Wisata Matahari di Bogor, menyediakan aneka kebutuhan rekreasi untuk seluruh anggota keluarga. Tak hanya sekedar berwisata semata, disini juga tersedia wisata edukasi serta aneka wahana seru yang bisa meningkatkan kedekatan orang bau tanah dan anak. Penasaran apa saja acara yang bisa dilakukan disini ? Simak ulasan berikut.

Alasan Memilih Taman Wisata Matahari

Image Credit by Laksani.com

Sekedar menikmati panorama indah dan berfoto foto ria, kawasan sejenis itu nampaknya sudah menjamur di berbagai kawasan. Namun tidak dengan TMW yang mana menjadi daerah rekreasi unik nan berbeda. Dengan mengusung konsep  Recreation and Education Park, kawasan wisata ini sangat cocok bagi segala usia. Disini pengunjung akan diajak berwisata sambil menggayung ilmu gres, dengan cara yang menyenangkan.

Yang menciptakan tempat wisata ini dipadati pengunjung, karena lokasinya yang gampang dijangkau dan relatif lebih mudah menemukan transportasi umum dari aneka macam arah. Lokasinya yang begitu strategis, pengunjung mampu  memakai transportasi umum ataupun kendaraan langsung. Takut terjebak macet ? Kini tak perlu khawatir, alasannya adalah Anda mampu memakai jalan alternatif sebagai pilihannya.

Bagi pengunjung yang berangkat dari arah Jakarta, Bekasi, maupun Tangerang, cobalah untuk berangkat sedini mungkin mampu sedikit membantu. Pengunjung juga bisa menjangkau tempat wisata ini, melalui pintu gerbang yang merupakan jalan tikus di desa Cilember. Bagi Anda yang penasaran bagaimana keseruannya, silahkan eksklusif berkunjung di tepi Jalan Raya Puncak KM 77 Cisarua, Bogor.


Beragam Wahana Seru Dapat Dimainkan

Image Credit by Bisniswisata.co.id

Luasnya yag mencapai 40 hektar, tidak mengherankan jika taman satu ini menyediakan aneka macam kemudahan lengkap ditambah dengan adanya sekitar 40 macam wahana permainan yang mampu dicoba. Banyaknya pilihan permainan, sepertinya berhasil memikat para pengunjung untuk berlama lama berada disana. Apa saja wahana permainan tersebut ? Ada wahana air, wahana petualangan, wahana permainan, serta adanya wahana edukasi.

Wahana seru pertama yang akan dikupas yakni wahana wisata air. Tak seperti wahana air pada umumnya, disini pengunjung mampu merasakan aneka permainan yang dapat dimainkan bersama dengan anggota keluarga. Dengan kata lain wahana air ini sangat aman bagi segala usia, mulai dari anak anak hingga orang akil balig cukup akal sekalipun. Terdiri aneka macam macam wahana air, yang tentunya semua permainan tersebut akan menciptakan hari Anda menjadi lebih berwarna.

Beberapa wisata air yang mampu dicoba mencakup arung teladas, water ball, Matahari Waterpark sepeda air, bumper boat, bahtera karet, paddle boat, water play, bahtera naga, bahtera kayak, refleksi terpi ikan, children rowing boat, mini boat, bomber bat laser, serta kolam renang mini. Banyaknya wahana air yang ditawarkan, pengunjung mampu memilihnya sesuka hati sesuai dengan permainan yang diminati.

Wahana permainan merupakan wahana seru kedua yang tak kalah menarik untuk dijajal. Setidaknya kawasan wisata ini menyediakan 3 jenis permainan yang terdiri dari Area Dino Park, mini gokart, serta Citra Playland. Meski hanya tersedia 3 jenis saja, bukan berarti permainan ini bukanlah menjadi pilihan yang bagus. Justru aneka permainan di dalamnya, akan menciptakan para pengunjung merasa betah dan ingin memainkannya kembali.

Usai merasa puas menikmati aneka wahana permainan, sekarang saatnya menelusuri keasyikan bermain di wahana edukasi. Tempat satu ini diberikan desain khusus, dimana pengunjung anak anak akan diajak untuk menyayangi ilmu pengetahuan serta adanya pembelajaran mengenai nilai kebersamaan bagi anggota keluarga. Dijamin pengunjung akan lebih mudah mendapatkan ilmu gres, sebab dikemas dalam bentuk permainan menyenangkan.

Kira kira permainan apa yang menciptakan wahana edukasi begitu menarik ? Sebab disini Anda akan diajak belajar sambil bermain, sehingga ilmu akan lebih mudah diserap dan tidak terasa membosankan. Aneka acara yang tersedia yakni Agro Sawah, Taman Satwa, Fun Games, Agro Sayur, Taman Lalu Lintas, serta Out Bond. Masih merasa wahana edukasi itu membosankan ? Cobalah untuk mencicipi sensasi mencar ilmu sambil bermain berbeda hanya di TWM.

Sedangkan bagi pengunjung yang senang berpetualangan dengan aktifitas ekstrim, nampaknya wahana petualangan bisa menjadi pilihan sempurna. Pada wahana ini, pengunjung diajak untuk menentukan aneka aktivitas seru untuk menguji adrenalin. Mulai dari Motor ATV, Rumah Hantu, Padamoto, Flying Fox, Wara wiri, sepeda turis, sampai Green Car tersedia disini. Desain wahananya pun mendukung dengan suasana khas petualangan, yang membuat pengunjung merasa betah.


Fasilitas yang Ada di Taman Wisata Matahari

Image Credit by Cekhargatiket.com

Pengunjung akan dimanjakan dengan tersedianya banyak sekali fasilitas cukup lengkap, untuk menunjang setiap kebutuhan selama berwisata. Fasilitasnya sendiri dibagi menjadi beberapa kategori ialah akomodasi umum, fasilitas pendukung, serta fasilitasi kemudahan. Contohnya saja kemudahan umum yang tersedia meliputi ATM (Bank Mandiri dan BNI), toilet, mushola, serta kawasan parkir khusus untuk parkiran bus dan kendaraan pribadi.

Sedangkan untuk kemudahan pendukung terdiri dari lapangan, saung dan gazebo, serta aula. Lapangannya sendiri terdiri dari Lapangan Ciliwung, Lapangan Bambu kuning, Lapangan Cherry, Lapangan Durian, Lapangan Central Park, Lapangan Kolam Mini, Lapangan Manggis, serta Lapangan Bougenville. Banyaknya lapangan yang tersedia, membuktikan area wisata satu ini cukup luas dan cukup lengkap.

Lalu untuk saung dan gazebonya sendiri terdiri dari besar dan kecil, sehingga mampu dipilih sesuai dengan jumlah anggota yang ikut berkunjung. Gazebo dan saung ini tersebar di beberapa tempat mirip Saung Cilember, Saung agro 2, Saung Manado, Saung Bambu Kuning, Saung Jogjogan, dan Saung Palem. Bagi pengunjung yang tertarik untuk menggunakan kemudahan tersebut, pihak pengelola menyewanya dengan harga terjangkau.

Fasilitas akomodasinya  pun tak kalah lengkap mirip wahana lainnya seperti villa, hotel, hingga penginapan model dormitory atau barak. Diharapkan dengan adanya kemudahan ini, dapat membantu pengunjung menerima pengalaman berwisata yang menyenangkan dan akan selalu dikenang. Pengunjung juga bisa bermalam di dalam tenda yang terletak di Camping Ground, saat ingin merasakan sensasi berbeda dan lebih erat dengan alam.

Beberapa fasilitas mirip saung hingga aula akan dikenakan tarif yang berbeda. Bagi Anda yang hendak melangsungkan acara formal, tidak ada salahnya untuk menyewa aula di TWM yang bisa menampung hingga 200 orang. Namun perlu diingat jikalau setiap aula mempunyai kapasitas yang berbeda, sehingga besaran harganya pun cukup bervariasi. Sedangkan untuk Barak sendiri yang terdiri dari beberapa lantai, dimana setiap lantainya akan dikenakan tarif berbeda pula.


Harga Tiket Masuk Taman Wisata Matahari

Image Credit by Pesonawisataindonesia.com

Selain aneka wahana seru, harga tiket masuk juga menjadi bahan pertimbangan saat menentukan kawasan wisata. Jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya, harga tiket masuk ke Taman Matahari dirasa relatif lebih murah. Khusus untuk hari Senin sampai Jum’at, satu orang akan dikenakan biaya sekitar Rp. 60 ribu saja. Bahkan  pada weekend, harga tiketnya masih sama di sekitaran Rp. 60 ribu. Untuk anak anak yang memiliki tinggi tubuh di atas 80 cm, akan dikenakan tiket masuk.

Ternyata perbedaan harga tiketnya hanya berlaku untuk wisatawan gila saja, dimana mereka harus membayarkan tiket masuk sekit Rp. 150 ribu per orangnya. Jika dilihat sekilas, memang harga tiket ini tak jauh dari harga daerah wisata lain. Yang membuatnya terasa murah dan berbeda, terletak pada apa saja yang akan didapatkan pengunjung dari tiket masuk tersebut.

Pada umumnya harga tiket hanyalah biaya yang dikenakan saat pengunjung masuk ke area wisata. Sedangkan tiket masuk untuk Taman Matahari, setiap pengunjungnya akan mendapatkan akomodasi yang cukup menggiurkan. Fasilitas tersebut meliputi diskon 50% untuk masuk ke Water Park, Fantasy Land, Perahu dayung Naga, Kereta Klasik, Perahu Karet, serta mendapatkan makan siang gratis di Resto Sunda Express (syarat dan ketentuan berlaku).


Jam Operasional Objek Taman Wisata Matahari

Image Credit by Sentrawisata.com

TWM dibuka setiap hari dan siap menyambut para pengunjung dengan hati yang ceria. Lalu bagaimana dengan jam operasionalnya ? Sebenarnya jam mulai beroperasinya daerah ini serupa di kawasan lain, dimana untuk hari senin sampai Jumat akan mulai beroperasi mulai dari pukul 09:00 hingga 16:00 WIB. Sedangkan untuk hari weekend ataupun libur panjang, taman wisata ini mulai beroperasi pukul 09:00 hingga 17:00 WIB.

Dari sekian banyaknya daerah wisata khusus keluarga yang tumbuh subur di beberapa daerah, TWM yang berlokasi di Bogor ini bisa menjadi alternatif berlibur terbaik. Udara yang sejuk serta panorama alamnya yang begitu indah, tidak mengherankan bila banyak wisatawan yang kemudian melirik kawasan wisata satu ini. Lokasinya yang berdekatan dengan Jakarta, membuatnya dipadati pengunjung terutama saat animo liburan panjang.