Taman Bunga Nusantara, Destinasi Kekinian di Bogor

Taman Bunga Nusantara, Destinasi Kekinian di Bogor

Lokasi: Jl. Mariwati, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kab. Cianjur.
MapCek Lokasi

Dikenal sebagai kota dengan banyaknya destinasi wisata alamnya yang indah, Bogor mulai dipadati pengunjung terutama trend liburan. Jika bosan dengan pemandangan pegunungan atau penderasan, Taman Bunga Nusantara bisa menjadi alternatif terbaik. Letaknya yang cukup bersahabat dengan kota Jakarta, tidak heran jika destinasi ini cukup diminati masyarakat. Daripada penasaran, simak ulasan berikut.

Aktifitas Menarik Untuk Dicoba di Taman Bunga Nusantara

Image Credit by Airyrooms.com

Pengunjung akan dimanjakan dengan aneka macam wahana menarik selama berada di lokasi wisata. Mulai dari Taman air, Taman Labirin, Taman Perancis, Taman Jepang, Taman Bali, Rumah Kaca, dan Menara Pandang tersedia khusus bagi para pengunjung. Selama berada di taman air, pengunjung akan melihat bermacam-macam tanaman air yang berasal dari aneka macam negara. Bahkan di beberapa titik, pengunjung mampu melihat teratai raksasa tengah mengapung.

Masih berada di bersahabat taman air, ada hal menarik yang dapat menjadi daya tariknya sendiri. Dimana terdapat beberapa patung dinosaurus yang menjulang tinggi, yang mana terbentuk dari berbagai bunga. Perpaduan antara taman air dan patung dinosaurus, berhasil menarik perhatian wisatawan karena terlihat unik dan cocok dijadikan sebagai background foto kekinian.

Senang menjelajahi kawasan baru ? Silahkan mencoba taman labirin satu ini, yang diketahui memiliki ukuran cukup luas. Hanya dengan membayar tiket sekitar Rp. 1000 saja, pengunjung bisa menikmati keseruan bermain petak umpet dan menuntaskan misi untuk mampu keluar dari kawasan tersebut. Tak perlu khawatir tersesat, lantaran pengunjung dapat membeli peta taman labirin yang hanya ditawarkan sekitar Rp. 2 ribuan saja.

Pada wahana selanjutnya, pengunjung akan bertemu dengan kawasan yang dibentuk sedemikian rupa dan terlihat begitu bagus nan bersih. Dimana di wahana tersebut, pengunjungnya dapat merasakan nuansa bak Perancis dengan adanya taman taman khas dari negeri tersebut. Cocok dimanfaatkan sebagai kawasan bersantai sekaligus menambah koleksi foto.

Puas berada di daerah Paris, sekarang saatnya untuk menjelajahi si taman Jepang. Pihak pengelola berusaha memperlihatkan kesan terbaik untuk menghasilkan nuansa kolam di negeri sakura, dengan menambahkan beberapa taman khas Jepang. Bahkan dekorasinya cukup mendetail, mulai dari pintu masuk sampai bangunannya dibentuk semirip mungkin mirip di negeri asalnya. Meski terkesan sederhana, namun sudah cukup menyenangkan hati para pengunjungnya.

Merasa cukup berkeliling dunia, kini saatnya menelusuri keindahan alam tanah air melalui wahana Taman Bali. Sejak memasuki wahana tersebut pengunjung sudah mampu mencicipi nuansa khas Bali yang cukup kental. Tersedia pula berbagai jenis bunga seperti bunga kamboja sampai bunga sepatu untuk menambahkan kesan unik. Bahkan bangunannya pun dibangun mirip aslinya, sehingga pengunjung merasa puas ketika mengunjunginya.

Beralih ke rumah beling dengan luas sekitar 2000 meter persegi, dimana tersedia aneka macam jenis bunga yang diketahui berasal dari beberapa negara lain. Nampaknya pihak pengelola telah bekerja dengan keras untuk menyenangkan pengunjungnya. Lantaran dekorasi mulai dari pencahayaan hingga suhu udara benar benar dibuat sedemikian rupa, biar tanamannya mampu tumbuh subur seperti di kawasan aslinya.

Wahana terakhir yang mampu dicoba ialah Menara Pandang. Selama berada di sana, pengunjung bisa melihat lanscape dari kawasan wisata satu ini secara keseluruhan. Perlu diketahui jikalau wahana ini, menjadi salah satu icon dari Taman Bunga Nusantara yang tentu saja tak boleh dilewatkan untuk dicoba. Pengunjung juga diperbolehkan untuk mengabadikan momen tersebut, untuk menerima spot terbaik untuk koleksi foto anda.


Fasilitas yang Ditawarkan Taman Bunga Nusantara

Image Credit by Travellink-indonesia.com

Sebagai kawasan wisata populer, tentu saja pihak pengelola berusaha menawarkan pelayanan terbaik. Salah satu bentuk layanan yang diberikan ialah adanya kemudahan yang memadai, untuk memenuhi segala kebutuhan selama berada di lokasi wisata. Kira kira apa saja kemudahan yang bisa dipakai oleh pengunjung ? Salah satunya yaitu Dotto Train yang merupakan sebuah miniatur kereta, yang siap mengantarkan para pengunjung untuk menelusuri lokasi wisata yang luas.

Setelah asyik menikmati berbagai wahana pilihan, silahkan kunjungi Cafe Marigold yang menyediakan berbagai masakan dan minuman. Bahkan ada pula tempat penginapan berjulukan Wisma dan Camping ground dikala ingin menikmati nuansa berbeda. Apabila merasa lelah berkeliling, tersedia pula beberapa gazebo di beberapa titik. Dan tak lupa, disini pengunjung bisa membeli cidera mata ketika berkunjung ke Nany’s Galleria.


Lokasi Destinasi Wisata Taman Bunga Nusantara

Image Credit by Rakyatjabarnews.com

Meski sering disebut sebagai salah satu objek wisata di Bogor, sebetulnya secara administrasif Taman satu ini masuk di wilayah Kabupaten Cianjur. Atau lebih lengkapnya wisata ini berada di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawangluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat. Jika anda berangkat dari sentra kota Cianjur menggunakan kendaraan eksklusif, setidaknya harus menempuh perjalanan sekitar 21,7 km dalam waktu kurang lebih 50 menit saja.

Ketika ekspresi dominan liburan panjang tiba, kekhawatiran akan terjebak macet tentu begitu terasa. Namun tak perlu khawatir, sebab ada beberapa rute pilihan yang mampu dilewati untuk menuju daerah wisata tersebut. Rute paling mudah menuju kesana adalah melewati jalur puncak. Terutama pengunjung yang tiba dari arah Jakarta, anda hanya perlu melaui beberapa kilometer saja sebelum benar benar sampai di tujuan.

Setelah melewati turunan Ciloto yang berada di jalur Puncak, pengunjung akan disambut dengan papan berukuran besar yang menunjukkan arah ke kawasan wisata tujuan anda. Cukup ikuti petunjuk yang diberikan, dijamin beberapa saat kemudian anda sudah sampai di tujuan. Apabila masih kesusahan untuk menemukan rute terbaik nan akurat, silahkan memanfaatkan peta lokasi yang ada di aplikasi Google maps.

Lalu bagaimana bila pengunjung memakai kendaraan umum ? Silahkan memakai bus dengan jurusan Bogor ke Cianjur, ataupun bus jurusan Bandung Jakarta yang mengambil rute via puncak lalu turun di pertigaan yang biasa disebut Hanjawar. Banyaknya wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini, bahkan sopir dan kondektur bus sudah hafal dan siap menurunkan penumpangnya di pertigaan Hanjawar.

Ketika sudah turun di pertigaan, silahkan melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot dengan jurusan Cipanas ke Loji. Agar lebih memudahkan, anda bisa menyampaikan tujuan terlebih dahulu kepada sopir angkot tersebut untuk berhenti di pasar GSP. Dari pasar GPS, anda harus naik angkot kembali dengan jurusan Cipanas ke Mariwati dan eksklusif turun di lokasi wisata. Apabila takut salah jurusan, jangan ragu ataupun sungkan untuk bertanya ke penduduk sekitar.


Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara

Image Credit by Mglicious.blogspot.com

Selain dari mudahnya saluran menuju lokasi, tarif memasuki destinasi wisata juga menjadi materi pertimbangan. Namun pengunjung tak perlu merogoh kantong terlalu dalam, alasannya adalah harga tiketnya dijual dengan harga yang cukup erat yaitu sekitar Rp. 40 ribuan saja. Perlu diketahui jika harga tiket tersebut, belum termasuk biaya parkir kendaraan serta biaya untuk menaiki wahana yang ingin dicoba.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, dimana pengunjung akan dikenakan biaya parkir kendaraan dan tiket saat ingin mencoba wahana tertentu. Khusus untuk parkir kendaraan roda dua akan dikenakan tarif sekitar Rp. 10 ribuan, sedangkan kendaraan roda empat akan dikenakan tarif sekitar Rp. 15 ribuan saja. Khusus untuk bus akan dikenakan tarif parkir sekitar Rp. 25 ribuan, kemudian khusus minibus akan dikenakan tarif parkir parkir sekitar Rp. 20 ribuan saja.

Meski mengusung konsep Taman Bunga, ada beberapa wahana seru yang siap menghiasi hari libur para pengunjung. Hanya saja, pengunjung harus membayarkan tiket memasuki wahana dengan biaya yang cukup bervariasi. Dari sekian wahana yang ada, wahana Maze Garden mempunyai tarif paling murah yaitu Rp. 1000 an saja. Wahana lain yang tak kalah seru dan ramah di kantong yakni Rumah Kaca dan Wira Wiri.

Hanya dengan menyiapkan sekitar Rp. 5 ribuan saja, kedua wahana yang gres saja disebutkan tersebut sudah mampu ditelusuri. Sedangkan untuk wahana terkenal seperti Garden Tram dan Dotto Trains, pengunjung harus merogoh kantong lebih dalam. Pasalnya untuk satu tiket wahananya dikenakan Rp. 50 ribuan per orangnya. Agar lebih ekonomis, tidak ada salahnya mengikuti paket wisata yang ditawarkan oleh para biro travel.

Lebih baru Lebih lama