Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Karang Bolong, Wisata Bahari Nan Eksotis di Banten

Pantai Karang Bolong, Wisata Bahari Nan Eksotis di Banten

Lokasi: Desa Karang Suraga, Kec. Cinangka, Kota Serang.
MapCek Lokasi

Mengunjungi pantai untuk melepas penat mungkin menjadi pilihan yang tepat. Bagi anda yang berada di Banten, mampu mengunjungi Pantai Karang Bolong yang memiliki panorama alam menakjubkan.

Berlibur di daerah alam memang sangatlah menyegarkan pikiran. Anda mampu berkunjung ke pulau kecil, air terjun atau tempat pantai yang populer panorama yang dimilikinya. Jika anda berada di dekat ibukota maka tak ada salahnya untuk mengunjungi Pantai Karang Bolong. Pantai ini bisa mempengaruhi semua pengunjungnya untuk berlama usang di area pantai dan menikmati keindahan alamnya. Yuk simak ulasan menarik Pantai Karang Bolong tersebut.


Sekilas Wisata Pantai Karang Bolong

Image Credit: Wisatabanten.com

Pantai Karang Bolong memiliki daya tarik yang berbeda dengan pantai lain yang ada di tempat Kota Banten. Pantai ini memiliki lubang raksasa yang mengundang rasa penasaran hingga menimbulkan rasa kagum pada hati para pengunjung. Lubang ini mempunyai ukuran diameter kira kira 50 meter. Keindahan lubang ini semakin eksotis dengan adanya maritim lepas sebagai pemandangan yang tak tertandingi.

Pengunjung mampu naik ke lubang melalui tangga yang terdapat di bagian kanan lubang. Dari lubang ini anda akan melihat lanskap bahari lepas dan juga Pantai Carita. Salah satu yang menjadi daya tariknya ialah deburan ombak yang menghantam watu karang. Namun untuk melihat fenomena ini pengunjung harus memperhatikan cuaca saat ingin berunjung ke pantai tersebut. Ombak pantai akan terlihat sangat indah dan gagah di sore hari sehingga sangat indah untuk disaksikan.

Pantai ini juga mempunyai pephonan yang rimbun dan sejuk yang banyak tumbuh di pesisir pantai. Kesejukan ini membuat para pengunjung akan merasa nyaman untuk berlama lama berada di pantai sambil menikmati keindahannya. Anda mampu berteduh di bawah pantai sambil menikmati pemandangan yang disajikan di Pantai Karang Bolong ini. Bahkan beberapa pohon yang ada di sekitar pantai sudah berumur ratusan tahun dengan akar akar yang terlihat tua.

Masyarakat setempat mempercayai mitos yang beredar di pantai tersebut. Pantai ini mulanya bernama Pantai Karang Suraga. Nama pantai ini diambil dari nama Suryadila yang merupakan pertapa yang memiliki ilmu yang tinggi. Namun alasannya adanya letusan Gunung Karakatau pada tahun 1883, mengakibatkan pantai ini mempunyai lubang pada bagian tengahnya. Oleh hasilnya oleh masyarakat setempat pantai ini dinamakan karang bolong.

Tak jauh dari lokasi pantai ini terdapat Gua Karang Bolong yang memiliki ukuran kecil. Banyak mitos yang berkembang menyampaikan kalau lubang tersebut biasa dipakai untuk memanggil jin bro. Namun ada juga yang mempercayai kalau lubang tersebut sangat ampuh untuk melakukan ritual pesugihan. Namun terlepas dari mitos yang beredar, pesona Pantai Karang Bolong memang tidak perlu diragukan lagi.


Daya Tarik Pantai Karang Bolong di Banten

Image Credit: Aroengbinang.com

Saat mengunjungi pantai ini anda tidak perlu khawatir merasa bosan untuk berlibur di pantai. Pasalnya pantai ini memiliki daya tarik yang tiada duanya dibandingkan dengan pantai pantai lainnya. Daya tarik utama dari pantai ini yakni Gua Karang Bolong yang mempunyai aneka macam bebatuan karang yang tersebar berserakan di area pantai. Susunan bebatuan di alam terbuka ini menciptakan pemandangan yang menawan dan sayang untuk tidak diabadikan.

Biasanya karang karang ini akan semakin bagus alasannya terhantam ombak besar yang datang. Sehingga mengakibatkan cipratan dari ombak tersebut. Pemandangan alam yang sangat indah ini menimbulkan pantai ini cocok untuk dijadikan tempat liburan. Pengunjung yang tiba mampu melaksanakan trekking untuk mendaki naik ke dalam gia. Jalur tersebut sangat unik dan cukup menantang untuk ditaklukkan.

Jalurnya pun berupa tangga untuk naik ke bab atas batu karang yang berlubang dan menjadi ikon dari pantai tersebut. Selain itu di area pantai tersebut anda juga ada gardu pandang yang membuat pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang menyegarkan mata. Keelokan pantai mirip deras ombak, indah lautan dan kontur pantai mampu dilihat dari anjungan yang sudah dibangun oleh pengelola.

Gardu Pandang ini dibangun di atas bebatuan karang yang cukup besar. Karang ini berada di pinggir pantai sehingga para pengunjung bisa menaiki gardu tersebut. Pengunjung yang ingin menaiki gardu tersebut harus menaiki tangga untuk datang di puncaknya. Anda mampu menikmati keindahan pantai dari atas gardu tersebut. Sehingga liburan anda di pantai ini akan semakin lengkap jikalau menaiki gardu tersebut.

Image Credit: Trepelin.com

Salah satu spot yang tak kalah ramai dikunjungi ialah spot pemancingan. Jangan salah, spot pemancingan di Pantai Karang Bolong merupakan tujuan favorit bagi banyak orang yang mempunyai hobi memancing. Pasalnya di pantai ini anda mampu menemukan banyak ikan kecil dan ikan besar. Banyak sekali batu karang kecil yang tersebar di area pantai dan menjadi tempat tinggal ikan ikan kecil tersebut.

Selain ikan anda juga akan menemukan beberapa jenis jenis hewan bahari mirip siput, udang dan lainnya. Tak heran jika anda akan menjumpai banyak sekali orang yang memancing di kawasan tersebut. Namun anda harus menyiapkan alat pancing anda sendiri ketika mengunjungi wisata Pantai Karang Bolong ini. Tak hanya spot memancing terbaik, anda juga bisa mengambil beberapa foto dengan latar belakang yang sangat indah.

Indahnya pemandangan alam di pantai ini sangatlah instagramable dan cocok untuk dijadikan spot foto dan berselfie. Dengan pemandangan yang sangat indah ini berbagai pasangan yang melakukan foto prewedding di area pantai tersebut. Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang karang bolong, gardu pantai, birunya pantai hingga keindahan alam baik di pagi atau sore hari.

Sunset di pantai ini juga tergolong sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Hadirnya matahari yang kembali ke peraduan akan menawarkan warna yang berbeda di area panta. Spot paling menarik untuk melihat sunset di pantai ini yakni diatas kerikil karang bolong atau gardu padang. Anda akan terhipnotis dengan keindahan sunset yang sangat romantis jika disaksikan dari atas watu karang tersebut.


Fasilitas dan Rute Menuju Pantai Karang Bolong

Image Credit: Travelblog.id

Pantai ini mempunyai jarak 53 km dari kota Serang yang merupakan ibu kota Provinsi Banten. Untuk menuju ke area pantai anda bisa melewati jalan tol menuju ke kawasan Anyer, jikalau dari Kota Jakarta. Anda bisa memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk menuju ke pantai.

Pantai ini selalu buka setiap hari selama 24 jam dan menjadi salah satu kawasan terbuka untuk melaksanakan acara publik. Namun ada baiknya anda harus memperkirakan kapan sampai di pantai tersebut. Harga tiketnya pun terbilang sangat murah dan terjangkau di kantong. Pengunjung akan dipungut biaya kurang lebih 5 ribu rupiah untuk tiket masuknya. Namun jikalau pengunjung tiba dalam rombongan, maka akan dikenakan biaya tiket 250 ribu rupiah.

Anda juga tidak perlu bingung mengenai fasilitas yang ada di pantai tersebut. Pasalnya berbagai kemudahan yang sudah sangat lengkap untuk dijadikan rekomendasi liburan. Diantaranya ialah mobil parkir yang sangat luas, adanya mushola, dan warung makan. Selain itu anda juga akan mudah untuk menemukan kamar mandi dan toilet serta daerah istirahat. Pasalnya pantai ini tak hanya menyediakan gazebo namun juga daerah istirahat yang terlihat sangat besar mirip aula.

Anda mampu merencanakan liburan bersama keluarga atau pasangan ke Pantai Karang Bolong ini. Agar lebih puas, anda bisa memutuskan untuk menginap di area pantai tersebut. Selain itu anda juga bisa melaksanakan banyak acara lain yang menyenangkan di area pantai seperti memesan ikan bakar sambil menikmati keindahan pantai atau sekedar memancing ikan ikan di terumbu karang kecil di pinggir pantai.

Jika anda belum puas untuk mengeksplorasi keindahan alam di Kota Banten, maka anda bisa berkunjung ke Pantai Florida yang terletak tak jauh dari daerah Pantai Karang Bolong. Anda hanya harus berjalan selama beberapa menit dan menikmati keindahan alam dari pantai Florida ini. Tak hanya Pantai Florida, 5 km lagi kea rah utara anda akan menemui pantai Sambolo 2 yang memiliki kemudahan pantai yang lengkap.

Keindahan alam dari pantai Kaarang Bolong memang tidak perlu diragukan lagi. Di pantai ini anda bisa menemukan berbagai aktivitas yang seru mirip memancing, trekking atau sekedar bermain ombak. Jika berkunjung ke pantai ini maka wajib rasanya untuk menaiki lubang karang yang tak jauh dari bibir pantai. Anda akan menemukan keindahan alam yang luar biasa di lubang karang tersebut.