Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Tempat Wisata di Cirebon Terbaru & Terhits Dikunjungi

21 Tempat Wisata di Cirebon Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbarik & Populer di Cirebon, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Memiliki Rencana Liburan ke Cirebon.

Cirebon merupakan salah satu kota di Indonesia yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Kota ini juga merupakan salah satu sentra penyebaran agama Islam oleh sunan-sunan di era lalu. Ada berbagai peninggalan-peninggalan sejarah di kota Cirebon ini.

Di Cirebon ini juga berbagai tempat-tempat wisata yang unik dan menarik untuk Anda kunjungi. Misalnya seperti waterboom, kraton, taman, kawasan wisata masakan dan masih banyak lagi. Cirebon ini juga terkenal sebagai penghasil batik.


1. Bukit Gronggong

Image Credit by Instagram @apitaresort

Bukit Gronggong ini berlokasi di Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat. Bukit ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Suasana disana juga sejuk dan segar, sehingga menciptakan daerah ini diminati oleh para wisatawan.

Saat sore hari Anda bisa menyaksikan sunset yang indah. Dan dikala malam hari Anda mampu melihat keindahan lampu-lampu kota Cirebon dari atas Bukit Gronggong ini.

Lokasi: Patapan, Kec. Beber, Kota Cirebon.

 

2. Pantai Kejawanan

Image Credit by Saegaleri.com

Pantai Kejawaan ini terletak di Pegambiran, Lemah wungkuk, kota Cirebon, Jawa Barat. Anda mampu menghabiskan waktu dan bersantai di pantai ini dengan keluarga maupun sobat-sobat. Anda bisa menikmati semilir angin yang sejuk dan hamparan air laut yang menenangkan sambil meikmati masakan dan minuman.

Banyak kawasan-kawasan yang menarik untuk dijadikan sebagai objek foto Anda. Anda juga bisa menyewa perahu motor untuk mengelilingi area pantai keJawanan ini. Harga sewanya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 20.000.

Lokasi: Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon


3. Telaga Nilam

Image Credit by Instagram @okivirazonia

Telaga Nilam ini berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Jawa Barat. Telaga Nilam ini memiliki suasana yang sejuk serta memperlihatkan pemandangan yang indah. Telaga Nilam ini di kelilingi oleh pohon-pohon yang menciptakan suasana menjadi rindang dan tenang.

Letak telaga nilam ini juga tidak jauh dari telaga remis. Di sini juga menyediakan akomodasi gazebo untuk kawasan beristirahat.

Lokasi: Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

 

4. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Image Credit by Gragepost.blogspot.com

Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini merupakan Masjid tertua di Cirebon. Masjid ini berlokasi di Jl. Kasepuhan, Lemah wungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Masjid ini mempunyai ciri khas yakni atap Masjid ini tidak mempunyai kemuncak seperti Masjid pada umumnya.

Desain arsitektur masjid ini juga banyak di dominasi efek dari kerajaan Islam di periode lampau. Pembangunan Masjid ini konon mengaitkan ratusan tokoh-tokoh penting dari kerajaan majapahit, Cirebon dan juga Demak.

Lokasi: Jl. Kasepuhan, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

 

5. Desa Cikalahang

Image Credit by Instagram @aldi_fajar_fardiansyah

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, Anda mampu berkunjung ke daerah yang satu ini ialah Desa Cikalahang. Desa ini terletak di kaki gunung ceremai, Desa Cikalahang, kecamatan dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat. Di desa ini memiliki kolam pemancingan ikan dan di dalamnya terdapat bermacam-macam jenis ikan air tawar yang mampu Anda pancing.

Anda juga bisa membawa pulang ikan hasil mancing Anda dengan harga yang telah ditentukan. Desa ini juga mempunyai pemandangan pedesaan yang indah, pas untuk Anda bersantai sambil menikmati hidangan disana.

Lokasi: Cikalahang, Kec. Dukupuntang, Cirebon.

 

6. Danau Setu Patok

Image Credit by Mamansoleman.net

Danau Setu Patok berada di kecamatan mundu, kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Tempat ini ramai di kunjungi oleh wisatawan dikala hari-hari libur. Danau ini mempunyai keindahan panorama yang menarik dan mengagumkan.

Banyak juga spot-spot manis yang bisa di jadikan sebagai objek Anda dalam mengambil foto. Anda juga bisa melalui jalur Perumahan Argasunya dan pantura mundu untuk mencapai daerah ini.

Lokasi: Setupatok, Kec. Mundu, Cirebon

 

7. Wahana Outbound Siwalk

Image Credit by Wisatasiwalk.blogspot.com

Wahana Outbound Siwalk ini merupakan salah satu wahana yang berada di Cirebon. Di daerah ini ada aneka macam wahana permainan yang mampu Anda coba.

Contohnya seperti flying fox, memancing, ATV, speed boat dan masih banyak lagi yang dijamin seru. Anda juga mampu jalan-jalan sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

Lokasi: Setupatok, Kec. Mundu, Cirebon.

 

8. Kampung Batik Trusmi

Image Credit by Familytravellingblog.com

Saat Anda berkunjung ke Tempat Wisata di Cirebon yang satu ini Anda mampu membeli beragam jenis batik dengan bermacam-macam motif yang cantik. Kampung Batik Trusmi ini berada di desa weru lor, kecamatan weru Cirebon. Harga kain-kain batik di kawasan ini juga cukup terjangkau.

Di kawasan ini juga menyediakan kemudahan workshop membatik bagi para pengunjung. Jadi Anda mampu mencar ilmu membatik di tempat ini. Kemampuan membatik masyarakat di kampung ini juga sangat manis. Karena salah satu murid Sunan gunung jati yang berjulukan Ki Gede Trusmi yang mengajari para warga untuk membatik.

Lokasi: Jl. Syekh Datul Kahfi, Weru Kidul, Kec. Weru, Cirebon.

 

9. Bukit Plangon

Image Credit by Wisatacirebon.blogspot.com

Plangon ini merupakan salah satu daerah di Cirebon yang terletak di Desa Babakan, Kecamatan Sumber, Cirebon, Jawa Barat. Suasana alam di tempat ini juga tenang dan tentram. Udara di tempat ini juga sejuk dan segar, sehingga tempat ini Anda mampu menenangkan pikiran sambil bersantai.

Di Plangon ini juga identik dengan eksistensi simpanse yang unik dan seru. Maka dari itu taman ini juga biasa di sebut dengan Taman Kera. Selain itu juga terdapat dua makam yang cukup di sakralkan oleh warga, yaitu makam Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan. Lokasi makam ini selalu ramai di kunjungi oleh peziarah dari berbagai daerah pada dikala malam 2 syawal.

Lokasi: Babakan, Kec. Sumber, Cirebon.

 

10. Banyu Panas Palimanan

Image Credit by Ophiziadah.com

Tempat wisata Banyu Panas Palimanan ini terletak di Jalan raya Cirebon, Desa Palimanan Barat, Jawa Barat. Di kawasan ini terdapat sumber air panas yang di percaya dapat mengatasi rasa letih. Harga tiket masuknya pun juga cukup terjangkau adalah sebesar Rp 7.000 per orang.

Tempat wisata Banyu Panas Palimanan ini buka pada jam 6 pagi sampai jam 8 malam. Suasana di daerah ini juga sejuk dan memiliki pemandangan yang indah.

Lokasi: Raya Cirebon-Paliman, Palimanan Bar., Kec. Palimanan, Cirebon.

 

11. Taman Sari Gua Sunyaragi

Image Credit by Instagram @yukiannisa

Taman Sari Gua Sunyaragi ini terletak di Sunyaragi, Kesambi, kota Cirebon, Jawa Barat. Dahulunya tempat ini merupakan sebuah daerah pertapaan dan juga tempat untuk melatih tentara kesultanan Cirebon.

Tempat ini juga memiliki nilai seni yang indah dan mengagumkan. Sehingga kawasan ini bisa untuk di jadikan objek Anda untuk berfoto.

Lokasi: Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon.

 

12. Jempol Waterboom

Image Credit by Instagram @hendrypatra

Jempol Waterboom ini merupakan kawasan wisata yang cukup populer di kalangan masyarakat dan wisatawan. Jempol Waterboom ini terletak di Jl. Merdeka Utara, Cileduk, Cirebon, Jawa Barat.

Fasilitas di daerah ini juga cukup lengkap. Harga tiket masuknya pun juga cukup terjangkau yakni sebesar Rp 25.000 per orang nya. Terdapat banyak wahana permainan yang seru juga di kawasan ini.

Lokasi: Jl. Merdeka Utara KM 233 (Pintu Keluar Tol, Jl. Tol Kanci – Pejagan, Ciledug Lor, Ciledug, Cirebon, Jawa Barat.

 

13. Situ Sedong

Image Credit by Instagram @ocietatmaza

Objek Wisata di Cirebon Situ Sedong ini berada di Desa sedong lor, Kecamatan sedong, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Danau ini menyajikan pemandangan alam yang begitu indah dan menenangkan. Di danau ini Anda juga bisa bersantai dan memancing ikan.

Adapun akomodasi yang disediakan oleh danau ini adalah belibis air. Anda mampu bersantai sambil mengayuh belibis air ini mengelilingi danau.

Lokasi: Sedong Lor, Sedong, Cirebon, Jawa Barat.

 

14. Apita Waterboom

Image Credit by Mapio.net

Apita Waterboom ini berokasi di Jl. Kedawung, Cirebon, Jawa Barat. Apabila Anda sedang merencanakan liburan ke Cirebon bersama dengan keluarga. Tempat yang satu ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat liburan Anda.

Ditempat ini berbagai wahana permainan air yang mampu Anda coba. Harga tiket masuk waterboom ini juga murah dan terjangkau mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per orang.

Lokasi: Jalan Tuparev, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat.

 

15. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Image Credit by Bobocantik.com

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani ini merupakan salah satu daerah yang populer di Cirebon. Di sini ada juga spot-spot yang anggun untuk mengambil foto. Cirebon Waterland ini berlokasi di Jl. Yos Sudarso, Desa Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Timur.

Harga tiket masuknya pun juga terjangkau yaitu Rp 50.000 pada hari biasa dan Rp 65.000 di hari libur atau final pekan. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani ini buka pada jam 7 pagi sampai jam 9 malam.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No. 1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

 

16. Wisata Kura Kura Belawa

Image Credit by Indomedianewsc.blogspot.co.id

Wisata Kura Kura Belawa ini berada di Belawa, Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat. Anda mampu berwisata sambil mencar ilmu wacana satwa lebih tepatnya wacana Kura Kura. Kura Kura Belawa ini hidup di air tawar pegunungan dan usianya mampu mencapai 150 tahun.

Dengan berwisata ke daerah ini Anda akan di berikan pengalaman liburan yang seru dan menyenangkan. Anda juga di ajak untuk mencintai satwa dan alam. Pemandangan alam di sekitar Destinasi Wisata di Cirebon ini juga sangat indah dan asri.

Lokasi: Belawa, Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat.

 

17. Keraton Kasepuhan

Image Credit by Jawapos.com

Keraton Kasepuhan ini merupakan salah satu kawasan wisata bersejarah yang ada di Cirebon. Keraton ini di bangkit semenjak tahun 1529 yang didirikan oleh Pangeran Mas Mohammad Arifin. Tempat ini berlokasi di Jl. Kasepuhan No. 43 Desa Kanoman, Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat.

Di daerah ini Anda bisa melihat benda-benda bersejarah. Seperti gamelan degung, kereta kuda, rebana peninggalan Sunan Kalijaga, lukisan antik Prabu Siliwangi dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk menuju daerah ini yakni sebesar Rp 15.000an saja.

Lokasi: Jl. Kasepuhan No. 43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

 

18. Keraton Kacirebonan

Image Credit by Instagram @rendynho

Keraton kecirebonan ini merupakan salah satu daerah sejarah yang didirikan oleh Sultan Cirebon 1 pada tahun 1800an. Di keraton ini juga terdapat banyak benda benda bersejarah yang unik dan menarik. Mulai dari benda pusaka contohnya keris, peralatan perang, koleksi wayang kulit, gamelan dan lain-lain.

Bangunan keraton ini memiliki desain artistik yang di padukan dengan gaya Belanda, tradisional, dan juga Cina. Spot ini sangat anggun apabila Anda jadikan sebagai objek berfoto. Tempat ini yakni tempat yang bersejarah yang identik dengan unsur kebudayaan.

Lokasi: Pulasaren, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

 

19. Telaga Remis

Image Credit by Indonesiakaya.com

Telaga Remis ini terletak di Desa Kaduela, Kuningan, Cirebon, Jawa Barat. Nama dari telaga ini berasal dari kerang air tawar yang tumbuh bagus dan indah yang menghiasi area sekitar telaga ini.

Telaga ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatan dan juga kalangan anak muda. Harga masuk ke telaga ini juga murah adalah sekitar Rp 10.000 per orang. Tempat ini cocok untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam.

Lokasi: Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

 

20. Keraton Kanoman

Image Credit by Situsbudaya.id

Keraton Kanoman ini berllokasi di Jl. Pulasaren, Desa Pekalipan, Kecamatan Pulasaren, Cirebon, Jawa Barat. Keraton Kanoman ini didirikan oleh Pangeran Kertawijaya. Banyak benda-benda peninggalan sejarah yang ada di kawasan ini.

Keraton Kanoman ada kaitannya dengan Agama Islam yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati, yang dikenal sebagai Syarif Hidayatullah. Anda mampu mengetahui sejarah-sejarah yang ada di Keraton Kanoman ini pada zaman dahulu.

Lokasi: Jl. Kanoman No. 40, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

 

21. Nasi Jamblang

Image Credit by Catperku.com

Jika Anda sedang berkunjung ke Cirebon ini, Anda mampu mampir untuk menikmati Nasi Jamblang khas Cirebon ini. Nasi Jamblang ini di sajikan dengan di bungkus daun jati.