Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tempat Wisata di Dago Bandung yang Paling Hits

10 Tempat Wisata di Dago Bandung yang Paling Hits

Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Dago, Bandung (Jawa Barat). Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Dago.

Bandung populer sebagai salah satu kota metropolitan bersuhu sejuk yang banyak dikunjungi pengunjung terutama jika libur panjang telah datang. Berlokasi sempurna di tempat pegunungan tinggi, sejarah dan kondisi alamnya inilah yang berhasil menarik perhatian. Menyuguhkan segudang tempat wisata cantik yang sayang dilewatkan, dijamin berlibur satu hari tidak akan pernah cukup.

Berikut 10 rekomendasi tempat wisata hits di Dago, Bandung yang harus dikunjungi untuk menerima liburan yang berkesan.


1. Tebing Keraton

Image Credit: Travelspromo.com

Kondisi alam di kota Bandung memang masih terjaga cukup baik, yang salah satunya mampu ditemukan di Tebing Keraton. Menjadi satu dengan lokasi wisata Taman Hutan Raya, Tebing bagus satu ini dikatakan sebagai spot terbaik untuk menikmati kota Bandung dari sisi berbeda. Bagaimana tidak, terlukis hamparan pepohonan hijau tampak menghiasi area perkotaan tampak terang sekaligus memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Pagi hari dikatakan sebagai waktu terbaik untuk mengunjunginya, karena pengunjung akan disuguhkan pemandangan ciamik dari marahari terbit. Sungguh tidak mengherankan kalau tempat ini seringkali menjadi lahan berburu bagi mereka yang hobi fotografi. Menjelang hari libur datang, tempat ini semakin dipadati wisatawan yang sekedar ingin menikmati nuansa lebih tenang dan erat dengan alam.

Lokasi: Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung Barat.


2. Taman Hutan Raya Juanda

Image Credit: Busbandung.com

Selagi menapaki kaki di Bandung, mampirlah sebentar ke Taman Hutan Raya Juanda. Berlokasi di ketinggian sekitar 800 sampai 1.350 mdpl, hutan asri ini sangat ideal bagi Anda yang mencari kawasan terbaik untuk melepaskan penat di pikiran. Sejak memasuki daerah wisata, Anda akan menyadari keberagaman tumbuhan maupun fauna yang berada di lokasi tersebut. Masih di kawasan yang sama, pengunjung juga bisa melakukan wisata sejarah.

Jika masuk lebih dalam ke dalam hutannya, akan ditemukan sebuah peninggalan sejarah berupa sebuah Gua Jepang yang diperkirakan telah ada semenjak 1942 silam. Gua bersejarah sepanjang 70 meter tersebut, bahkan berlokasi tidak jauh dari Gua Belanda yang cukup terkenal. Tidak jauh dari sana ditemukan pula 3 curug yang tampak segar. Seakan selangkah lebih bersahabat dengan alam, disinilah pengunjung dapat beristirahat sejenak dari hiruk pikuk khas perkotaan.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.


3. Dago Pakar

Image Credit: Tour-in-bandung.blogspot.com

Sejak menginjakkan kaki di tempat wisata ini, kesan menyatu dengan alam kental terasa. Kesan tersebut benar adanya, sebab Dago Pakar masih berlokasi di Taman Hutan Raya Djuanda atau lebih dikenal Tahura Djuanda. Berlokasi di ketinggian sekitar 800 higga 1350 mdpl, udara sejuk seakan membelai halus di permukaan kulit wajah. Di luas lahan sekitar 527 hektar ini, ditemukan aneka macam pepohonan dengan jenis berbeda dan beberapa binatang dari Taman Hutan Kotanya.

Bukan hanya menikmati pemandangan sekitar semata, pengunjung juga diajak mengenal peninggalan sejarah di tahun 1970 yang berupa Gua Jepang dengan panjang sekitar 70 meter. Tidak berada jauh dari sana, ditemukan pula Gua Belanda yang dibentuk tahun 1941 tidak kalah menarik perhatian. Usai menikmati wisata sejarah, pengunjung pun akan dimanjakan dengan 3 buah curug yang siap memanjakan mata.

Lokasi: Jl. Raya Golf Dago No.12, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung.


4. The Valley Bistro Cafe

Image Credit: Garasikuliner.blogspot.com

The Valley Bistro Cafe disebut sebagai cafe terbaik untuk sekedar nongkrong ria bersama teman sambil menikmati waktu luang. Menawarkan segudang hidangan yummy dengan harga terjangkau, wajar jikalau tempat ini banyak diincar oleh wisatawan baik lokal maupun gila. Nuansanya yang romantis berkat pinjaman lampu lampu bagus yang berpadu mesra dengan pemadangan alam Dago, pengunjungnya seakan dibuat betah berlama lama disana.

Lokasi: Jl. Lembah Pakar Timur No. 28 Dago, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.


5. Bird and Bromelia Pavilion

Image Credit: Destinasibandung.co.id

Berlibur bukan hanya wacana menikmati alam sembari menikmati wahana yang ada semata, karena Anda juga mampu melaksanakan wisata edukasi dan alam dalam satu waktu. Semua hal tersebut mampu ditemukan di Bird and Bromelia Pavilion, dimana pengunjung disuguhkan dengan tempat tinggal dari 50 spesies burung berbeda. Mulai dari burung macau, burung nuri, burung kakak bau tanah, hingga love bird bisa disaksikan dari bersahabat.

Menonton burung burung bertengger dan sebagian lagi terbang di angkasa yang luas ataupun akan terasa membosankan. Oleh akhirnya pihak pengelola memperbolehkan pengunjungnya untuk berinteraksi langsung dengan menunjukkan pakan kesukaan mereka. Sebagai tambahanya, pihak pengelola menanam sejumlah flora langka yang bisa menjadi penghias alami di area wisata populer satu ini.

Lokasi: Jl. Akaza Utama No.9, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.


6. Kebun Binatang Bandung

Image Credit: Merdeka.com

Dago memang diidolakan sebagai wilayah yang menyimpan segudang kawasan wisata menarik yang sayang dilewatkan, salah satunya Kebun Binatang Bandung. Sebelum terkenal dengan namanya yang sekarang, dahulu daerah wisata ini berjulukan Derenten yang artinya kebun hewan. Setidaknya ada sekitar 213 koleksi satwa, dimana 79 satwa tergolong binatang yang dilindungi dan sisanya yaitu satwa yang tidak dilindungi dan lebih banyak berasal dari luar negeri.

Lokasi: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung.


7. Amazing Art World

Image Credit: Arsipinfo.com

Masih berada di sekitar kawasan Dago, Anda mampu menemukan kawasan wisata hits dan kekinian bernama Amazing Art World. Hanya dengan mendengar namanya, mampu ditebak bahwa tempat ini menyajikan aneka lukisan keren dan juga lucu yang mampu diabadikan. Museum lukisan satu ini memiliki konsep 3D, 4D, bahkan ada pula berukuran 5D yang mampu menjadi spot terbaik berburu foto unik nan lucu.

Di dalam museum tersebut, tersedia ratusan gambar maupun lukisan yang tampak menipu mata. Sesuai dengan konsepnya, lukisan anggun di dindingnya seakan hidup dan keluar dari dalam dinding. Konsep lukisannya sendiri cukup beragam seperti Korea, China, dan juga Filiphina. Dihadirka dengan beberapa zona berbeda, dijamin pengunjung tidak akan pernah bosan meski seharian berada disana.

Lokasi: Jl. Dr. Setiabudi No.293-295, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung.


8. Cafe D’ Pakar

Image Credit: Pegipegi.com

Berlibur ke Dago namun tidak sempat merasakan aneka kuliner lezatnya yakni sebuah kesalahan. Sebelum menyesal, sebaiknya sempatkan diri ke Cafe D’ Pakar sebelum mengakhiri perjalanan Anda. Selama berada disana, pengunjung akan disuguhkan dengan kuliner sedap dengan nuansa romantis berkat view alam dari Taman Hutan Raya Juanda. Benar, Cafe populer ini disebut sebagai tempat terbaik lainnya untuk menikmati alam Dago sembari menikmati sajian.

Gaya arsitektur bangunanya yang menggabungkan antara gaya Jawa dan Sunda ini, terlihat khas dan menarik perhatian. Menu yang disajikan pun cukup lengkap, mulai dari masakan berat hingga camilan seperti es krim tersedia disini. Dijamin mengunjungi Cafe D’ Pakar dapat menghadirkan kepuasan tersendiri bagi para pengunjungnya. Sudahkan Anda mengunjungi Cafe populer satu ini ?

Lokasi: Jl. Dago Pakar Utara, Sekejolang, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.


9. Dago Dream Park

Image Credit: Destinasibandung.co.id

Dago Dream Park, yaitu satu dari sekian banyak daerah wisata yang sangat cocok untuk mengajak satu keluarga besar berlibur di Bandung. Menyuguhkan sederet spot kekinian nan instagramable, masuk akal jikalau kawasan ini banyak diburu generasi muda. Bahkan para pengunjung akan dimanjakan dengan adanya pemandangan alam berupa deretan pohon pinus, yang dihiasi dengan anutan sungai yang tampak menenangkan.

Selagi menikmati udara sejuk dan pemandangan serba hijau, ada segudang wahana seru yang sayang dilewatkan. Contohnya saja mirip wahana karpet aladin yang tengah hits di sosial media satu ini, Anda bisa menerima pengalaman seakan terbang bebas dengan mengendarai sebuah karpet. Wahana yang tidak kalah seru lainnya berjulukan Skybike, Lost and Paradise, Archery, Choo Choo Train, Anti Gravity, hingga Kampoeng Dayang Sumbi.

Lokasi: Jl. Dago Giri Km. 2.2 Mekarwangi, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.


10. One Eighty Coffee

Image Credit: Uzone.id

Beberapa waktu belakangan, masyarakat dihebohkan dengan adanya Cafe terbaru yang mengusung konsep unik di Dago. Cafe yang dimaksudkan tersebut bernama One Eighty Coffee, dimana pengunjung bisa duduk kalem dan menikmati secangkir kopi pilihan di area outdoor sembari merendam kaki di dalam bak. Tidak perlu takut tenggelam, pasalnya pihak pengelola mendesain sedemikian rupa biar air hanya menutupi sedalam mata kaki untuk orang akil balig cukup akal.