Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ranu Manduro Ngoro Destinasi Wisata Mojokerto Yang Lagi Viral

pGfyLsHHLrktqfEMTtCUOiGuEIuHrzMTQCLcBGAsYHQ Ranu Manduro Ngoro Destinasi Wisata Mojokerto Yang Lagi Viral
Ranu Manduro Ngoro Mojokerto - Ternyata Mojokerto juga memiliki tempat wisata yang sangat beragam mulai dari wisata alam hingga wisata kuliner semua tersaji lengkap di Mojokerto. Tentunya sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur, Mojokerto akan selalu berbenah dengan pemandangannya. Di Mojokerto terdapat banyak surga wisata yang jarang diketahui orang. Salah satunya adalah Wisata Ranu Manduro, tempat wisata ini sedang booming dengan banyaknya pengunjung yang memposting foto-foto keren di media sosial. Melalui kepemimpinan yang baik, Ranu Manduro telah menjadi salah satu tempat wisata Mojokerto yang paling diminati.

Sejarah Ranu Manduro Ngoro Mojokerto

Destinasi wisata di Ranu Manduro ini sebelumnya bukanlah tempat wisata. Sebelum kecantikan Ranu Manduro viral, ada kisah kelam di baliknya. Dahulu, Ranu Manduro merupakan bekas galian C-Sirtu (pasir dan batu) kuno yang saat ini terbengkalai dan tidak digarap. Sejarah penggalian C dimulai sekitar tahun 2014. Kemudian, seiring berjalannya waktu, penggalian ini semakin berkembang dan meluas dari tahun ke tahun. Selain itu, tempat ini memiliki efek destabilisasi yang sangat tinggi bagi penghuninya. Dampaknya adalah munculnya polusi debu, asap kendaraan, jalan berlubang dan air bersih yang kurang.

Pada tahun 2016, penggalian tersebut mulai berkembang cukup pesat dan meluas. Lalu saat itu truk yang membawa Sirtu tidak berhenti setiap hari. Tidak bertahan cukup lama. Penggalian kemudian ditutup pada awal 2018 menyusul laporan bahwa pemilik properti telah meninggal dunia. Di sinilah Ranu Manduro pertama kali muncul. Tahun 2018 adalah musim hujan. Kemudian, cekungan air besar seperti danau buatan akan dibuat di lubang galian lama. Di sini orang menyebutnya Danau Ranu Manduro. Memang keindahan danau inilah yang menarik minat semua orang. Keindahan kolam air dan hamparan sawah hijau yang luas dengan bebatuan serta pemandangan gunung Penanggungan yang indah.

Setelah sempat viral beberapa bulan di tahun 2018, danau ini mulai menghilang seperti ditelan waktu. Bukan tanpa alasan, namun saat banyak terjadi, konflik pun pecah di tengah-tengah masyarakat sekitar. Akhirnya sampai musim kemarau, ahli waris pemilik tambang memutuskan untuk mengeringkan danau tersebut. Dan kemarin akhirnya datanglah Februari 2020. Musim hujan telah kembali, keindahan Ranu Manduro kembali muncul. Namun kini bukan lagi sebuah danau, melainkan semacam perbukitan hijau dan bebatuan yang indah. Dan hiasan pemandangan Gunung Penanggungan yang tidak kalah menambah keindahan pemandangan dari Ranu Manduro.

pGfyLsHHLrktqfEMTtCUOiGuEIuHrzMTQCLcBGAsYHQ Ranu Manduro Ngoro Destinasi Wisata Mojokerto Yang Lagi Viral
Sejarah Ranu Manduro Ngoro Mojokerto

Obyek wisata Ranu Manduro Ngoro Mojokerto

Setelah cerita Ranu Manduro yang cukup kelam, kali ini kita akan membahas keindahan wisata ini. Tempat wisata baru di Mojokerto ini berupa hamparan perbukitan hijau dan Pegunungan Penanggungan yang juga menjadi salah satu daya tarik utama. untuk turis. Setibanya di virus tour Mojokerto, wisatawan akan merasa seperti berada di Selandia Baru karena pemandangan yang memanjakan mata. Wisata Ranu Manduro Mojokerto saat ini menjadi salah satu kawasan wisata yang menawarkan pengalaman tak terlupakan.

Apalagi kini menjelang musim hujan, kawasan ini secara alami terpancar keindahan mempesona dengan rerumputan hijau dan lumut. Namun, saat musim panas tiba, kawasan ini akan berubah lanskapnya seperti Timur Tengah. Tak heran jika Ranu Manduro Ngoro kini ramai dikunjungi ribuan pengunjung yang penasaran dengan keindahannya. Banyak pengunjung yang datang hanya untuk mengabadikan momen dengan berfoto selfie dengan background perbukitan yang indah. Namun, akses ke Ranu Manduro agak sulit jika ditempuh dengan mobil. Sebaiknya gunakan sepeda motor untuk menuju tempat wisata ini.

Saat yang tepat mengunjungi Wisata Ranu Manduro Ngoro di pagi hari, anda akan disuguhi pemandangan indah pegunungan berselimut kabut dan suasananya masih sangat menyenangkan, cocok untuk anda yang mencari udara segar. Namun setelah 2 jam, embun dan kabut berubah menjadi polusi kendaraan, suara angin berubah menjadi suara klakson dan mesin kendaraan. Demi menjaga keindahan wisata di Ranu Manduro, pengunjung yang datang ke sini dilarang keras mengotori tempat wisata. Bisa dibilang, tempat wisata di Mojokerto yang viral ini masih belum resmi dikelola oleh pemerintah, sehingga fasilitas di Ranu Manduro masih sangat minim.

Fasilitas Ranu Manduro Ngoro Mojokerto

Hal yang menarik dari Ranu Manduro Ngoro adalah pemandangannya yang luar biasa, wisatawan akan menemukan banyak batu karang disana, yang juga digunakan untuk mengabadikan momen indah melalui fotografi atau selfie. Dengan udara alam dan keindahan khas Mojokerto di Jawa Timur, dijamin suasana liburan akan semakin lengkap. Ibarat gunung, wisata di Ranu Manduro minim fasilitas umum. Fasilitas umum tempat wisata Mojokerto tersebar di beberapa tempat saja. Situasinya berbeda dengan tempat parkir, toilet, dan warung tempat turis menjual makanan dan minuman. Di kawasan Ranu Manduro Ngoro akan banyak layanan yang menawarkan fasilitas berupa sepeda motor untuk transportasi menuju tempat wisata. Banyak juga wisatawan yang mendirikan tenda untuk berkemah di kawasan Ranu Manduro. Oleh karena itu, sebelum merencanakan liburan Anda di Wisata Ranu Manduro, ada baiknya Anda mengetahui Harga Tiket Masuk Ranu Manduro Mojokerto terbaru.

Tiket Masuk Ranu Manduro Ngoro Mojokerto

Viral Tour Mojokerto ini tergolong tempat wisata murah di Jawa Timur karena tiket masuknya murah. Karena HTM Ranu Manduro Ngoro Mojokerto hanya memungut biaya parkir untuk kendaraan, dengan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Itu tidak murah, jadi rencanakan untuk segera mengunjungi tempat wisata Mojokerto yang luar biasa ini.

Lokasi dan jalur Ranu Manduro Ngoro Mojokerto

Wisata Mojokerto yang populer ini tiba-tiba menempati alamat di Mandurono, Manduro MG, Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur 61385. Akses menuju Ranu Manduro Ngoro cukup sulit karena berada di perbukitan, untuk jalan menuju Ranu Manduro Ngoro jika anda berasal dari pusat kota jawa timur menempuh jarak sekitar 56 km dan perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Menuju ke Mojokerto untuk petunjuk arah, sesampainya di sana arahkan kendaraan menuju kawasan NIP, lalu lurus ke timur menuju kawasan Gempol. Kemudian ambil arah gapura dari mana anda akan sampai di objek wisata Ranu Manduro Ngoro.

Keindahan Ranu Manduro tak tertandingi

pGfyLsHHLrktqfEMTtCUOiGuEIuHrzMTQCLcBGAsYHQ Ranu Manduro Ngoro Destinasi Wisata Mojokerto Yang Lagi Viral
Ranu Manduro Ngoro Mojokerto
pGfyLsHHLrktqfEMTtCUOiGuEIuHrzMTQCLcBGAsYHQ Ranu Manduro Ngoro Destinasi Wisata Mojokerto Yang Lagi Viral
Wisata Ranu Manduro Ngoro Mojokerto
pGfyLsHHLrktqfEMTtCUOiGuEIuHrzMTQCLcBGAsYHQ Ranu Manduro Ngoro Destinasi Wisata Mojokerto Yang Lagi Viral
Tiket masuk Ranu Manduro Ngoro Mojokerto
pGfyLsHHLrktqfEMTtCUOiGuEIuHrzMTQCLcBGAsYHQ Ranu Manduro Ngoro Destinasi Wisata Mojokerto Yang Lagi Viral
Wisata Mojokerto semakin viral
Demikian informasi tentang sejarah, fasilitas, tiket masuk dan lokasi Ranu Manduro Ngoro, destinasi wisata yang viral di Mojokerto. Semoga bermanfaat, jangan lupa cek   jika anda sedang mencari tempat wisata di indonesia. Terima kasih...