Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lokasi Curug Citambur Jawa Barat Dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Lokasi Air Terjun Citambur Jawa Barat & Harga Tiket Masuk Terbaru - Provinsi Jawa Barat memang terkenal dengan potensi wisata alamnya yang luar biasa. Popularitas tempat wisata alam di Jawa Barat khususnya Cianjur memang tidak ada duanya. Udara segar dan garis alam yang indah akan sangat memanjakan wisatawan. Selain itu, lokasi wisata yang dekat dengan Jakarta membuat Cianjur semakin populer sebagai tempat melepas beban pikiran. Banyak sekali destinasi wisata di kota Cianjur. Wisata rekreasi keluarga, wisata kuliner dan wisata alam. Di balik ramainya tempat wisata Cianjur, ternyata masih ada tempat yang masih sangat asri dan wajib dikunjungi. Tempat wisata alam tersebut adalah Curug Citambur.

Di Wisata Alam Curug Citambur, wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan alam dengan suasana petualangan di alam liar. Di sana wisatawan akan merasakan suasana yang berbeda, karena alam yang selalu diselimuti gumpalan kabut tipis, serta udara yang sangat dingin membuat wisatawan kembali lagi ke Cianjur. Curug Citambur terletak di bagian selatan yang memiliki ketinggian air terjun hingga 130 meter dan kolam di bawahnya.

Keunikan Curug Citambur adalah terdapatnya lubang keluar air yang cukup deras sehingga menyebabkan air menguap sehingga terlihat seperti awan kabut. Apalagi air yang jatuh dari atas bukit bergema seperti genderang. Di sini bisa disebut curug citambur, dalam bahasa Sunda "ci" artinya air sedangkan tambur adalah alat musik gendang. Bisa dikatakan air terjun ini merupakan surga tersembunyi di Cianjur. Meski air terjun ini tidak setinggi Curug Ngebul, namun panorama alamnya tak kalah indah, lebih hijau dan indah. Sebaiknya Anda mengunjungi Curug Citambur di pagi hari agar Anda bisa melihat keindahan yang eksotik.

Mitos Air Terjun Citabur

Curug Citambur memiliki mitos yang terbagi menjadi 2 versi. Versi pertama disebut Citambur karena air yang jatuh dari atas tebing menimbulkan bunyi "dentuman". Karena suara air yang jatuh, warga setempat menamainya Curug Citambur.

Versi kedua menyebutkan bahwa kawasan wisata ini berkaitan dengan sebuah kerajaan yang pernah berdiri di sana. Diberitakan bahwa di sekitar air terjun terdapat sebuah kerajaan bernama Tangjung Anginan.

Kerajaan ini terletak di Pasir Kuda yang sekarang termasuk desa Simpang dan Karangjaya di kecamatan Pagelaran, tidak jauh dari tempat wisata air terjun ini. Kisah Raja Prabu Tanjung Anginan rutin melakukan tapa dan ritual mandi di air terjun ini.

Terlepas dari mitos ini Air Terjun Citabur memiliki pesona keindahan yang tak terbantahkan.

Pesona Keindahan Curug Citambur Jawa Barat

Curug Citambur merupakan salah satu air terjun terindah di Cianjur. Air terjun atau riam ini memiliki ketinggian sekitar 130 meter. Salah satu air terjun yang memiliki aliran air yang deras dan membentang seperti tirai. Dan memiliki tiga tingkatan air terjun yaitu 12 meter, 116 meter dan 2 meter. Yang unik lagi, terdapat satu lagi air terjun kecil di bawah air terjun utama, yang membuat air terjun Citambur ini semakin istimewa.

Curug Citambur berada di ketinggian 1.400 mdpl, sehingga airnya sangat dingin dan selalu diselimuti kabut halus. Suara air terjun itu sangat keras. Kawasan yang masih asri dipadukan dengan panorama alam yang asri akan membuat Anda terpesona. Sayangnya, karena letaknya di tebing terjal dan aliran air yang deras, wisatawan tidak bisa berenang di bawahnya.

Sesampai di sana, wisatawan disuguhi pemandangan alam yang indah serta udara segar yang menghadirkan suasana nyaman dan ketenangan. Saat mencari tempat berlibur, Curug Citambur bisa menjadi tempat yang menarik untuk kembali semangat setelah melakukan aktivitas rutin di hari yang padat.


Fasilitas Air Terjun Citambur Jawa Barat

Curug Citambur tidak hanya menyuguhkan pesona air terjun yang eksotik, namun juga fasilitas lengkap yang siap menyambut wisatawan untuk memenuhi kebutuhan liburannya. Lembaga publik seperti Musola, toilet umum, kamar mandi, warung makan, tempat parkir yang luas dan penginapan lengkap tersedia di sana.

Lokasi air terjun Citabur

Air Terjun Bogor ini terletak di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Bagi wisatawan dari Cianjur pusat hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mencapai kawasan air terjun ini.

Jalan menuju lokasi air terjun Citambur

Sedangkan untuk rute dari Jakarta bisa menggunakan dua pilihan. Pertama, Anda bisa melalui jalur puncak atau melalui Bandung.

Melewati Puncak, pertama ambil jalan tol Jagorawi dan keluar di Gerbang Ciawi. Kemudian melewati jalur atas menuju pertigaan tugu Cianjur Jago, lalu kembali ke terminal Pasir Hayam. Lalu belok kiri menuju Cibeber menuju Kota Kecamatan Pagelaran. Berkendara melalui desa Pusaka Jaya ke desa Karang Jaya. Dan waktu yang dibutuhkan sekitar 8 jam sudah termasuk istirahat dan makan.

Sedangkan lewat Bandung, keluar Tol Cipularang menuju Tol Soroja. Keluar di Soreang Expressway. Dari sana ke Ciwidey. Kemudian ikuti jalur yang dijelaskan di atas.

Jam Buka Air Terjun Citambur

di atas Curug Citambur jam buka/jam Buka 24 jam.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Citabur Jawa Barat Terbaru

Wisatawan tidak akan menyesal mengunjungi air terjun Citambur ini. Selain alamnya yang hijau asri, harga HTM juga sangat murah. Wisatawan cukup membayar Rp 7000/orang untuk HTM Curug Citambur. Dengan harga yang harus dibayar, akan sebanding dengan keindahan yang tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk Curug Citambur Cianjur dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Galeri Foto Air Terjun Citambur Jawa Barat

Lokasi Curug Citambur Jawa Barat Dan Harga Tiket Masuk Terbaru  Lokasi Curug Citambur Jawa Barat Dan Harga Tiket Masuk Terbaru
Air Terjun Citabur di Jawa Barat
Lokasi Curug Citambur Jawa Barat Dan Harga Tiket Masuk Terbaru  Lokasi Curug Citambur Jawa Barat Dan Harga Tiket Masuk Terbaru
Air Terjun Citabur
Lokasi Curug Citambur Jawa Barat Dan Harga Tiket Masuk Terbaru  Lokasi Curug Citambur Jawa Barat Dan Harga Tiket Masuk Terbaru
Mitos Air Terjun Citabur
Lokasi Curug Citambur Jawa Barat Dan Harga Tiket Masuk Terbaru  Lokasi Curug Citambur Jawa Barat Dan Harga Tiket Masuk Terbaru
Spot foto di Curug Citambur
Lokasi Curug Citambur Jawa Barat Dan Harga Tiket Masuk Terbaru  Lokasi Curug Citambur Jawa Barat Dan Harga Tiket Masuk Terbaru
Wisata Alam di Jawa Barat
Demikian informasi tentang Curug Citambur yang semoga bermanfaat bagi anda. Kunjungi terus West-Java.com untuk informasi tempat wisata terbaru di Indonesia. Terima kasih.